7 Destinasi Wisata Religi yang Bisa Anda Kunjungi Setelah Umrah

Kategori : UMROH, PERJALANAN, Ditulis pada : 28 Juli 2023, 08:34:37

Siapa yang tak ingin melaksanakan ibadah ke tanah suci? Setiap mukmin pastinya ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji ataupun umrah di Baitullah. Rasa rindu akan tanah yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam itu, pasti ada dalam hati para mukminin. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan orang datang mengunjungi Ka’bah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan ibadah umrah akan semakin lengkap jika Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Tentunya, wisata religi ini bisa Anda lakukan setelah menunaikan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama berkunjung ke Baitullah adalah untuk beribadah. Adapun agenda mengunjungi tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin memperkuat keimanan serta semangat untuk beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam dengan melihat secara langsung lokasi bersejarah yang ada di sana.

Nah, berikut ini tujuh tujuan wisata religi yang bisa Anda kunjungi selepas umrah ketika berada di Baitullah. Yuk, simak selengkapnya!

JABAL RAHMAH

JABALR1.jpg

Jabal Rahmah adalah tempat yang memiliki nilai historis, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama diturunkan ke bumi. Tak heran, begitu banyak kaum muslimin yang datang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk menyaksikan secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khas yang ada di Jabal Rahmah ini, Anda bisa melihat tugu persegi panjang berwarna putih di atas bukit. Tugu beton tesebut menjulang dengan tinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

GUNUNG UHUD

GUNUNG UHUD.jpg

Tempat yang kedua adalah Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang kisah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud merupakan perang yang cukup terkenal di zaman Rasulullah. Sebab pada saat itu terjadi peperangan antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul sebab mengalami kekalahan.

Tentunya, banyak hikmah atas kekalahan umat Islam pada saat itu. Yaitu, dalam peperangan wajib tunduk pada perintah panglima perang yang ketika itu dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW. Karena tidak tunduk, maka akan mudah dikalahkan oleh musuh. waktu itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, Khalid mendapat Gelar Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter ini berlokasi di sebelah utara kota Madinah. Anda dapat mengunjungi Masjid Al Fash, sekaligus ziarah makam para sahabat Nabi yang gugur dalam perang Uhud. Di sini juga terdapat tempat Rasulullah melakukan shalat setelah perang Uhud.

MASJID QUBA’

MASJID QUBA'.jpg

Tempat selanjutnya adalah Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi SAW ketika hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama kaum muslimin yang digunakan untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin mengunjungi masjid bersejarah ini ketika umrah.

Masjid Quba tampak megah dengan dominasi warna putih sebagai identitasnya. Terdapat tiga pintu sebagai tempat keluar masuk di Masjid Quba. Pada bagian tengah, Anda dapat menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di area luar masjid Anda dapat berbelanja aneka macam kurma untuk oleh-oleh. Masjid Quba terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sini ya, ketika melaksanakan ibadah umrah.

GUA HIRA’

GUA HIRA.jpg

Gua Hira’ merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung tempat ini dari dekat, namun Anda harus dalam keadaan fisik yang prima untuk mencapai tempat ini. Karena, jalan menuju Gua Hira’ melintasi tebing yang cukup curam. Jangan lewatkan mengunjungi Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan.

MASJIDIL HARAM

MASJIDIL HARAM.jpg

ketika menunaikan umrah, dapat dipastikan Anda selalu mengunjungi Masjidil Haram yang berlokasi di Kota Makkah. Karena mayoritas rukun umrah dilakukan di Masjidil Haram, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga berkesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab antara lain Hijr Ismail yang berlokasi di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf saat berkunjung ke Masjidil Haram.

MASJID NABAWI

MASJID NABAWI.jpg

Masjid selanjutnya yang wajib Anda singgahi yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang terletak di Kota Madinah ini merupakan masjid utama yang dipakai oleh Rasulullah selama mendakwahkan agama Islam di Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

Kerinduan pada Rasulullah bisa terobati ketika Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut masuk salah satu masjid terbesar di dunia ini senantiasa ramai oleh para jamaah umrah. Anda bisa mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling mustajab untuk berdoa.

JANNATUL BAQI

JANNATUL BAQI.jpg

Untuki Anda yang ingin berziarah makam, dapat mengunjungi Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah area dimakamkannya sebagian besar sahabat Rasulullah. Di tempat yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda dapat mendoakan para sahabat yang dikubur di sana.

JABAL TSUR

JABAL TSUR.jpg

Tempat keenam, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yaitu Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar ketika hijrah ke Madinah. Anda bisa menjadikan Jabal Tsur sebagai pilihan tempat untuk dikunjungi ketika umrah.

PASAR JA’FARIYAH

pasar-jakfariyah.jpg

Terakhir, tidak lengkap rasanya umrah tanpa membeli oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda dapat mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang terletak 1 kilometer dari Masjidil Haram. Anda bisa berbelanja aneka camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga cinderamata seperti tasbih dan sajadah yang dapat Anda bawa untuk buah tangan keluarga dan sahabat.

Nah, itu dia 7 destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi setelah melaksanakan ibadah umrah. Semoga ibadah umrah Anda diterima, serta dapat merasakan perjalanan yang semakin berkesan dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id